Cara Merawat Tanaman Bonsai

Jika anda kebetulan ingin mencoba membuat sendiri tanaman hias anda, maka anda harus memulai dengan mencari tahu bagaimana sebenarnya cara membuat bonsai. Tentunya untuk menciptakan bentuk-bentuk yang indah anda tak akan sembarangan membuatnya. Membuat tanpa diiringi dengan pengetahuan mengenai tekniknya hanya akan menghasilkan bentuk yang tak menyenangkan dipandang. Sudah tentu hasil semacam itu bukanlah hasil yang anda harapkan. Pada dasarnya memang hanya orang tertentu yang bisa menciptakan bentuk yang bagus. Semoga saja anda bisa melakukannya.

Baca Juga

Untuk memulai tahap bagaimana cara membuat bonsai, anda bisa mempelajari seluk beluk pembuatannya sesuai dengan kaidah umum. Untuk tahap-tahap pembentukan misalnya anda bisa mengembangkan sendiri kelak ketika anda sudah mahir. Sebenarnya menciptakan tanaman hias ini akan sangat menyenangkan bagi mereka yang memang suka tanaman dan juga suka menciptakan kreasi-kreasi baru yang indah. Kebanyakan pembuat bonsai biasanya memang perempuan. Hal itu ada kaitannya dengan keakraban mereka yang lebih tinggi daripada laki-laki terhadap tanaman dan bidang hias menghias.

cara merawat bonsai yang benar

Cara Ringkas Membuat Bonsai

Pertama-tama sebelum anda mempraktekkan cara membuat bonsai, anda harus tahu bahwa tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai. Dengan kata lain, cara membonsai tanaman tidak memungkinkan untuk dipraktekkan pada semua jenis tanaman melainkan hanya jenis tertentu saja. Anda misalnya bisa mempraktekkannya pada tanaman asem jawa, satu jenis yang paling populer untuk dijadikan bahan dasar pembuatannya. Ada juga beberapa jenis tanaman lain yang bisa anda pilih sesuai dengan kecocokan tanaman tersebut dengan keinginan anda. Asalkan anda tahu apa yang anda inginkan, anda tak akan kesulitan memilihnya.

Misalkan bahwa anda memilih untuk membuat bonsai serut. Maka pertama-tama anda harus menyiapkan media yang anda gunakan. Untuk tipe tanah yang bagus anda gunakan untuk mempraktekkan cara membuat bonsai serut adalah tanah gunung. Anda juga harus telaten soal komposisi humus dan pasir yang dicampur dengan tanah itu sendiri. Sementara itu, lain halnya ketika anda merencanakan untuk membuat bonsai beringin. Anda harus jauh lebih telaten mempersiapkan pot yang memadai untuk jenis ini. Kemudian ketika anda memilih untuk membuat bonsai kelapa, hal itu akan beda lagi. Bonsai kelapa harus lebih diperhatikan pada saat pemilihan benih yang harus berupa benih unggul.

Cara Merawat Tanaman Bonsai

Setelah mengetahui petunjuk ringkas tentang cara membuat bonsai, maka anda masuk ke tahap selanjutnya. Tanaman hias ini akan percuma dibentuk dengan sangat indah jika pada saat yang sama anda sama sekali tak merawatnya dengan benar. Cara merawat bonsai tentu saja tidak sembarangan. Ada beberapa petunjuk yang bisa anda pelajari supaya tanaman yang anda miliki tetap terjaga keindahannya. Yang sempurna tentu saja anda bisa membentuk tanaman yang indah dan kemudian anda merawatnya dengan baik dan benar. Hasilnya akan benar-benar sempurna.

Bentuk perawatan bonsai yang paling penting berkaitan dengan penggantian media yang harus dilakukan secara rutin. Penggantian media ini tentunya berkaitan erat juga dengan bagaimana anda mencampur tanahnya, bagaimana anda mengganti pot yang digunakan, dan bagaimana anda membentuk batang-batang tanaman yang tumbuh supaya sesuai dengan keinginan anda. Kesemuanya itu memang membutuhkan ketelatenan. Jika dibandingkan, pada dasarnya cara membuat bonsai jauh lebih sederhana daripada bagaimana cara merawatnya. Berbagai jenis tertentu juga membutuhkan perawatan tertentu termasuk juga jenis pupuk tertentu.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *